Doa Sesudah Sholat Fardhu Berjamaah Singkat Lengkap


Ada 2 pendapat tentang membaca doa sesudah sholat fardhu berjamaah yang singkat dan lengkap. Yang sebagian membolehkan dan yang sebagian tidak membolehkan doa berjamaah dipimpin oleh imam dan diaminkan oleh mamum dengan alasan tidak ada haditsnya. Yang dibolehkan menurut pendapat ini adalah doa sendiri-sendiri. Jadi setelah sholat berjamaah, si makmum langsung saja doa sendiri.

Sementara yang membolehkan ini Saya kira lebih banyak daripada yang tidak membolehkan. Memang tidak ada hadits yang secara tekstual membolehkan doa berjamaah setelah sholat. Namun kalau kita teliti lagi hadits lain, justru doa secara berjamaah sangat disarankan.

Kita pasti pernah mendengar ada keterangan yang menyatakan bahwa doa yang dikabulkan itu adalah setelah sholat fardhu. Kita juga pernah mendengar bahwa doa yang dilakukan secara banyakan, artinya banyak yang meng-amini, maka akan cepat menuju terkabul. Kita juga pernah mendengar kalau masjid adalah salah satu tempat yang mustajab untuk doa.

Nah, mengapa kita tidak memanfaatkan momentum tesebut ? Itulah mengapa ulama salafi banyak yang menganjurkan agar banyak berdoa setelah sholat fardhu yang dipimpin imam. Mengapa ? Karena terkumpul 3 moment mustajab doa di sana yaitu di tempat yang mulia, di waktu yang tepat dan dilakukan dalam suatu lingkungan atau jamaah.

Tentu saja Saya yang berpendapat seperti ini bukan berarti menganggap salah pada Anda yang berpendapat tidak boleh berdoa secara berjamaah. Silahkan dalil antum dipraktekkan saja tapi jangan membid'ahkan yang Saya lakukan, toh Kami juga tak pernah membid'ahkan antum semua. Oke ?

Lalu apa saja doa yang dibaca sesudah sholat fardhu berjamaah. Tentu saja doa yang telah dianjurkan oleh Nabi dalam membacanya. Selanjutnya bisa ditambah dengan doa-doa lainnya sesuai kebutuhan Anda masing-masing, setelah jamaah membaca doa secara berjamaah. Jadi disini secara tidak langsung Kami mengamalkan 2 pendapat di atas yaitu mendahulukan doa berjamaah dengan mengaminkan doa imam, dan setelah selesai Kami pun berdoa sendiri-sendiri sesuai dengan kebutuhan atau amalan masing-masing.

Untuk doa setelah sholat fardhu berjamaah, sama saja dengan doa sholat fardhu tanpa berjamaah seperti yang telah Saya tulis di artikel berjudul doa Rasulullah setelah shalat fardhu. Silahkan dibaca kembali di blog kumpulan doa mustajab ini.

Mudah-mudahan bacaan doa imam yang singkat sesudah sholat fardhu berjamaah di masjid ini bermanfaat buat kita semua.


Tag : doa sholat fardhu
Back To Top